Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Inilah 6 Gaya Senam Terbaik Bagi Ibu Hamil

Senam Yang Baik Khusus Bagi Ibu Hamil - Ketika masa kehamilan para wanita harus menjaga kesehatan dirinya dan juga janinnya sebaik mungkin agar perkembangan si janin sehat dan baik. Setiap ibu hamil harus memperhatikan asupan menu makanan dan juga minuman yang akan dia konsumsi. Konsumsilah menu makanan serta minuman yang bisa membuat si ibu dan juga janinnya sehat. Selama masa kehamilan, para wanita pasti akan mengalami sebuah perubahan pada fisik dan juga mentalnya, sebab itu, setiap wanita harus bisa melakukan olahraga agar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, juga untuk mempersiapkan persalinannya.

Salah satu jenis atau tipe olahraga yang baik buat ibu hamil yang dapat dilakukannya ialah senam. Namun senam yang harus ibu hamil lakukan bukanlah jenis senam yang enerjik seperti senam aerobik yang gerakkannya begitu energik. Senam ibu hamil tersebut merupakan senam terapi melalui gerakkan yang khusus untuk ibu hamil buat mempersiapkan persalinannya yang lancar dan juga sebagai pengendalian pada emosionalnya.

Baca juga : Inilah Beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

Apakah dengan melakukan olahraga senam akan aman bagi si ibu hamil?

Olahraga Terbaik Bagi Ibu Hamil Usia 5, 6, 7 & 8 Bulan, Olahraga Ibu Hamil - Ruang Sehatku, Inilah Olahraga Yang Terbaik dan Cocok Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi gambar
Sebelum mereka memutuskan buat melakukan olahraga senam yang khusus untuk ibu hamil, sebaiknya para ibu hamil untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter kandungan agar bisa diketahui apakah kondisi kehamilannya beresiko atau tidak. Senam ibu hamil ini sangat aman dilakukan bagi kehamilan seorang ibu dan tidak beresiko. Gerakkan senam ibu hamil tersebut tidaklah begitu energik, juga bahkan senam tersebut ini tidak mengeluarkan keringat yang cukup banyak, tetapi berkhasiat untuk mengendurkan jaringan otot-otot yang tegang dan mampu untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, sehingga nantinya tubuh ibu hamil tersebut akan merasakan jauh lebih rileks.

Olahraga Terbaik Bagi Ibu Hamil Usia 5, 6, 7 & 8 Bulan, Olahraga Ibu Hamil - Ruang Sehatku, Inilah Olahraga Yang Terbaik dan Cocok Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi gambar

Bagaimana sih cara melakukan senam untuk ibu hamil?

1. Persiapkan matras atau apa saja yang bisa anda jadikan sebagai alas untuk melakukan olahraga senam tersebut.

2. Duduklah diatas alas yang telah disediakan dengan pengaturan posisi anda bersila, lalu punggung ditegakkan dan tangan diletakkan pada kaki, ya layaknya orang sedang bermeditasi.

3. Mulailah untuk mengatur pernapasan, caranya ialah dengan menarik kemudian menghembuskan nafas dengan perlahan-lahan melalui hidung, dan lakukan gerakkan tersebut selama 5 menit saja.

4. Luruskan kaki anda kedepan, kemudian condongkan tubuh ke belakang, lalu kedua tangan anda menjadi tumpuan di belakang. Gerakkan olahraga senam yang baik tersebut salah satunya adalah mengangkat kedua kaki ke atas lalu turunkan kembali kaki anda kebawah, kemudian setelah itu anda bisa menggerakkannya ke arah samping kiri ataupun saamping kanan dengan aturan posisi si kaki tetap lurus. Lakukanlah gerakkan tersebut ini secara berulang-ulang dengan waktu beberapa menit saja.

5. Untuk gerakkan selanjutnya yaitu dengan mengubah posisi pada gerakkannya seperti merangkak dengan posisi kepala, punggung dan juga pantat dalam keadaan sejajar. Lakukan gerakkan senam tersebut dengan menurunkan kepala sampai anda bisa melihat perut sendiri kemudian anda tahan sebentar gerakkan tersebut dalam waktu beberapa menit saja dan selanjutnya kembali pada posisi yang sebelumnya. Ulangi gerakkan tersebut dengan secara pelan-pelan.

6. Senam ibu hamil yang satu ini sangat santai sekali dan sangat mudah untuk dilakukan oleh ibu hamil, dan untuk gerakkan yang selanjutnya yaitu dengan mengubah aturan posisi dengan membaringkan tubuh dalam keadaan miring kearah kiri atau ke arah kanan, juga letakkan bantal dibawah perut dan juga dikepala. Kemudian luruskan tangan kedepan, dan kaki harus dalam keadaan tegak lurus, kemudian untuk selanjutnya pindahkan gerakkan tangan dan juga kaki tersebut dengan cara menekukannya ke arah perut secara bersamaan, terus anda tahan gerakkan tersebut dalam waktu beberapa menit saja, kemudian kembalilah ke posisi yang semula.

Nah, itulah tips seputar kesehatan tentang Senam Yang Baik Khusus Bagi Ibu Hamil tersebut. Selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, gerakkan senam diatas tersebut juga  sangat bermanfaat bagi janin anda. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://www.mellazahra.blogspot.co.id

Related Posts

Subscribe Our Newsletter