Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Cara Perawatan Payudara Pada Wanita Hamil

Tips Perawatan Payudara Pada Wanita Hamil - Sangatlah penting  sekali payudara bagi seorang wanita karena payudara wanita tersebut adalah alat utama penghasil ASI yang berperan penting sebagai sumber satu-satunya nutrisi untuk bayi yang kelak akan lahir. Komposisi ASI ini paling lengkap jika dibandingkan dengan susu-susu buatan lainnya seperti susu formula, sebab tidak ada satupun susu olahan asli buatan dari manusia (Formula) yang dapat menyamainya, sehingga perawatan payudara wanita harus dilakukan sedini mungkin. Termasuk saat pertamakalinya seorang wanita melahirkan bayi, maka wanita tersebut itu sebaiknya melakukan inisiasi untuk menyusui sejak dini mungkin.

Perawatan payudara saat wanita hamil itu sangat penting sekali, karena hal ini bertujuan guna menjaga kebersihan pada asi-nya yang terutama dibagian puting susu yang mana itu merupakan sebagai jalur utama keluarnya ASI, jika anda bisa memperkuat pada puting susu, maka bayi anda akan lebih mudah untuk menyusuinya, dan bisa merangsang pada kelenjar-kelenjar air susu seorang ibu yang berada didalam payudara sehingga produksi ASI akan jauh lebih banyak dan akan berjalan keluar dengan sangat lancar, bisa mendeteksi jika ada kelainan di bagian payudara sedini mungkin serta melakukan sebuah pengobatan secepatnya, dan juga mempersiapkan mental untuk sang calon ibu yang akan menyusui bayinya.

Baca juga : 4 Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh Yang Wajib Anda Ketahui!!

Banyak sekali kasus pada wanita hamil yang hanya bisa melakukan perawatan saat dirinya akan melahirkan maupun setelah melahirkan, hal tersebut ini akan sangat merugikan sekali untuk ibu hamil dan bayinya, misalnya saja seperti ASI yang tak kunjung keluar saat sesudah dirinya melahirkan maupun baru saja keluar setelah hari yang kedua ataupun lebih. Hal ini pasti tidak memungkinkan "Inisiasi Dini Menyusui" bagi ibu terhadap bayinya yang tentu saja sangat berguna bagi bayinya, dan jika puting susu ibu tak kunjung keluar maka hal ini akan bisa mempersulit bayi untuk menghisap ASI-nya, produksi ASI ibu sangat sedikit, sehingga untuk bisa memenuhi permintaan bayi ibu harus dengan memakai bantuan susu formula.

Merawat Payudara dan Puting Susu Saat Hamil | Informasi, Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Berdasarkan Usia, Perawatan payudara pada masa hamil - YouTube
Perawatan Payudara

Cara Perawatan Payudara Disesuaikan Dengan Usia Kehamilan

Beberapa kasus yang dapat merugikan ibu menyusui seperti diatas tersebut masih bisa diatasi dengan cara melakukan sebuah perawatan terhadap payudaranya sejak dini, adapun juga cara lain untuk merawatnya yaitu berdasarkan dari usia kehamilannya, yakni:

Merawat Payudara dan Puting Susu Saat Hamil | Informasi, Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Berdasarkan Usia, Perawatan payudara pada masa hamil - YouTube
Ilustrasi gambar
Usia Kehamilan 3 Bulan
- Pada usia masa kehamilan 3 bulan, cara perawatan payudara pada ibu hamil yaitu dengan melakukan sebuah pemeriksaan pada payudara apakah puting susunya normal atau tidak. Puting susu yang normal pada ibu hamil seharusnya menonjol keluar ketika dilakukan sebuah penekanan dasar di puting susu dengan secara pelan-pelan. Namun, jika puting susu ibu hamil tersebut tetap saja datar ataupun juga masuk lagi kedalam payudara, maka sebaiknya perawatan harus dilakukan sejak usia masa kehamilannya menginjak 3 bulan agar ketika melahirkan si puting susu payudara akan dapat menonjol.

Metode perawatan puting susu tersebut ini yaitu dengan memakai kedua jari telunjuk anda maupun juga ibu jari saja. Lakukan cara pengurutan dibagian sekitar puting payudara ke arah yang berlawanan dengan menuju kedasar payudara sampai keseluruh bagian payudara ibu hamil. Pemijatan seperti ini harus dilakukan sehari 2x saja dengan waktu cukup 6 menit.

Merawat Payudara dan Puting Susu Saat Hamil | Informasi, Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Berdasarkan Usia, Perawatan payudara pada masa hamil - YouTube
Ilustrasi gambar
Usia Kehamilan 6-9 Bulan
- Cara perawatan payudara pada usia kehamilan 6-9 bulan itu harus dilakukan buat membersihkan puting payudara sesering mungkin dan juga anda pun bisa dapat menghasilkan ASI yang cukup untuk buah hati anda. Adapun tips-tips perawatan ampuh yang wajib anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Basahi kedua telapak tangan dengan minyak kelapa.
  2. Usaplah telapak tangan anda ke area puting hingga areola mamae atau lebih detilnya hingga ke bagian sekitar puting payudara yang warnanya lebih gelap dan dengan waktu selama 2 sampai 3 menit saja. Gerakan ini bertujuan agar memperlunak kotoran ataupun juga kerak yang menempel pada puting yang sehingga akan jauh lebih mudah untuk diberihkan. Jangan membersihkan puting payudara dengan menggunakan alkohol ataupun juga jenis cairan pembersih lainnya, dikarenakan hal itu dapat menyebabkan puting payudara lecet-lecet dan bahkan iritasi.
  3. Setelah pembersihan dibagian puting, anda pun bisa juga melakukan suatu pemijatan pada payudara dengan cara pegang kedua puting payudara lalu tarik dan kemudian di putar searah jarum jam berlawanan.
  4. Peganglah pangkal payudara dengan menggunakan kedua tangan anda, dan lakukanlah pengurutan ke arah puting dengan sebanyak 30x dalam sehari.
  5. Pada usia kehamilan tua, maka sebaiknya anda pijat kedua areola mamae hingga keluar 1 sampai 2 tetes ASI.
  6. Lakukan suatu pembersihan terhadap kedua puting anda dan juga sekitarnya dengan menggunakan handuk yang kering dan bersih.
  7. Pakai BH yang longgar namun yang bisa mampu menopang payudara anda, dan jangan memakai BH yang ketat dan juga menekan payudara, karena bisa mempengaruhi produksi ASI pada ibu hamil tersebut.

Mengenai penjelasan diatas yang telah kita ketahui, bahwa ternyata Tips Perawatan Payudara Pada Wanita Hamil tersebut dibedakan dengan berdasarkan umur atau usia pada kehamilannya. Terutama jika usia kehamilan ibu hamil telah mencapai 9 bulan, maka perawatannya mereka harus lebih berhati-hati karena akan bisa memicu pada kelahiran prematur. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://www.mellazahra.blogspot.co.id

Related Posts

Subscribe Our Newsletter